Penerapan Grafik Komputer & Pengolahan Citra Pada Kehidupan Sehari-hari


PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER & PENGOLAHAN CITRA

Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara pembuatan dan manipulasi gambar secara digital berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar. Grafika komputer bertujuan untuk menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitive-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.

Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Pengolahan citra bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik pengolahan citra mentransformasikan citra ke citra yang lain. Jadi, masukannya adalah citra dan keluarnya juga citra, namun citra keluaran atau hasil dari pengolahan citra mempunyai kualias lebih baik dari pada citra masukkan.

Jika dijelaskan secara singkat, grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.


Semakin majunya teknologi maka semakin canggih juga peralatan pendukung grafik komputer dan pengolahan citra. Di zaman yang serba teknologi ini, banyak bidang yang memanfaatkan grafik komputer dan pengolahan citra. Berikut ini adalah contoh penerapan grafik komputer dan pengolahan citra di bidang hiburan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Computer Generated Imagery (CGI)


Computer Generated Imagery (CGI) merupakan sebuah teknik menggunakan media teknologi komputer yang mampu menghasilkan gerakan visual/pencitraan efek tiga dimensi yang bisa dikatakan sudah sangat sempurna karena bisa menyerupai objek aslinya. CGI serupa dengan teknik animasi tradisional. Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat melalui rangkaian gambar-gambar yang saling bertautan. Umumnya, sebuah gambar bergerak tercipta dalam ritme 24fps (frame per second). Artinya, dalam 1 detik, terdapat 24 gambar yang saling bertumpuk yang menciptakan satu harmoni gerak.

            Penerapan teknologi ini adalah pada bidang komputer grafis, atau grafis 3D komputer untuk efek khusus (special effect) dalam pembuatan film, program televisi, iklan, simulator, dan media cetak.  Perangkat lunak komputer yang biasanya digunakan dalam penerapan CGI antara lain 3ds Max, Blender, Light Wave 3D, Maya, dan Autodesk Softimage.

            Sudah banyak film yang menerapkan efek CGI terutama film-film keluaran Hollywood. Saat ini CGI menjadi salah satu unsur utama yang digunakan dalam proses pembuatan film karena suksesnya film-film yang sudah tayang menggunakan teknologi CGI. Namun, prosesnya memakan waktu yang tidak sebentar dengan biaya yang mahal dan membutuhkan banyak properti untuk membuat objek yang terlihat nyata. CGI 2D sendiri pertama kali diterapkan di film “Westworld” karya novelis scifi Michael Crichton pada tahun 1973 dan sekuelnya “Futureworld” menggunakan CGI 3D pada tahun 1976.

            Dengan adanya CGI, tentu saja gambar yang dihasilkan sebelum diberi efek tidak sebagus setelah diberi efek. Dibawah ini adalah beberapa contoh pembuatan film sebelum dan sesudah menggunakan teknologi CGI.
(sumber: cewekbanget.grid.id)

(sumber: movieseffectsvfx.wordpress.com)
(sumber: digitalsynopsis.com)

PENERAPAN PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Ultrasonografi (USG)


(sumber: hellosehat.com)
            Ultrasonografi (USG) adalah sebuah teknik pencitraan non-invasiv menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi (lebih besar dari 20 kilohertz) yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ.  Atau dalam arti lain USG adalah teknik menangkap gambar dari dalam tubuh manusia dengan menggunakan bantuan gelombang suara yang berfrekuensi tinggi tanpa melibatkan penggunaan rontgen.


(sumber: cancer.gov)
            Pada USG terdapat sebuah alat bernama tranduser yang berfungsi untuk mengirimkan dan menerima kembali gelombang suara yang bervariasi dari berbagai jaringan didalam tubuh. Tranduser dapat bekerja dengan cara meletakannya di kulit pasien dengan lapisan tipis dari gel. Ketika gelombang suara dikirimkan, maka sebagian gelombang akan diteruskan dan sebagian akan dipantulkan kembali. Gelombang suara yang dipantulkan inilah yang akan ditangkap kembali oleh tranduser yang kemudian diubah menjadi gelombang listrik dan diterjemahkan oleh komputer menjadi gambar visual yang nyata.


(sumber: two-views.com)
            Kuat lemahnya gelombang akan menghasilkan gambar yang berbeda. Echo/gelombang yang kuat akan menghasilkan gambaran putih pada monitor, sedangkan echo/gelombang yang lemah akan menghasilkan gambaran mendekati hitam. Untuk jarak pun dapat diperhitungkan oleh ultrasonografi ini dengan waktu penjalaran gelombang tersebut.

Jenis-jenis Ultrasonografi
USG 2D
USG 2D merupakan jenis pemeriksaan yang pertama hadir dalam dunia medis, dengan hasil pencitraan berupa gambar datar, tetapi bisa menampilkan gambar organ dalam bayi di dalam kandungan. Jenis USG ini termasuk mode pemindaian jaringan gambar yang standar untuk banyak situasi diagnostik dan kebidanan setelah penggunaan setengah abad.

USG 3D
Beberapa tahun terakhir, ultrasonografi diproyeksikan menjadi representasi 3D. ini dicapai dengan memindai potongan-potongan jaringan pada gambar sudut dan merekonstruksi data yang diterima menjadi gambar 3D. Berbeda dengan USG 2D, teknologi USG 3D dapat menghasilkan gambar yang lebih nyata dan detail. Wajah janin dan organ-organnya pun bisa terlihat dengan lebih jelas. Jika terjadi kelainan, teknologi ini dapat mendektesi lebih baik dibanding dengan USG 2D.

USG 4D
Pada USG 4D, gambar tampak lebih jelas dengan gerakan yang menciptakan representasi paling realistis. Sama dengan USG 3D, USG 4D dapat mengungkap kelainan yang tidak terdeteksi menggunakan USG 2D. Namun, untuk dapat menggunakan alat canggih ini diperlukan biaya yang sangat mahal dan tidak semua rumah sakit menyediakan USG 4D.

Perbedaan hasil USG 2D,3D, dan 4D
(sumber: mommyasia.id)


Ultrasonografi Doppler
Ultrasononografi Doppler adalah alat diagnostic yang sangat diperlukan dalam semua bidang pengujian ultrasonografi dan dalam banyak kasus lebih disukai daripada angiografi sinar-X karena tidak memerlukan injeksi pasien dengan pewarna yang kontras. Analisis dari teknologi ini berfungsi memantulkan suara dengan frekuensi tinggi dari sel darah yang bergerak dan merekam perubahan frekuensi gelombang suara saat mereka bergema kembali ke transduser. Kemudian mengubah data ini menjadi representasi visual tentang seberapa cepat dank e arah mana darah mengalir.

(sumber: researchgate.net)






Sumber:
https://books.google.co.id/books/about/Konsep_Grafika_Komputer.html?id=GiM3DgAAQBAJ&redir_esc=y
https://idseducation.com/articles/perkembangan-teknologi-cgi-dalam-dunia-perfilman/

Komentar