Review Produk Perusahaan IT yang Inovasinya Memberi Pengaruh yang Signifikan Bagi Masyarakat : E-commerce Shopee


Di zaman milenial ini kegiatan apapun serba dipermudah, termasuk berbelanja. Cepat dan instan cenderung disukai dan digemari beberapa kalangan masyarakat. Karena kecenderungan masyarakat itulah mulai bermunculan situs-situs berbelanja online atau e-commerce yang bertujuan untuk mempermudah akses para fakir waktu.

Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce merupakan model bisnis modern non-fice (tidak menghadirkan pelaku bisnis secara fisik), dan non-sign (tidak memakai tanda tangan asli). Sistem perdagangan yang dipakai dalam e-commerce dirancang untuk menandatangani secara elektronik. Penandatanganan tersebut dirancang mulai dari pembelian, pemeriksaan, dan pengiriman. Dalam bisnis e-commerce, ketersediaan informasi yang benar dan akurat mengenai konsumen dan perusahaan merupakan suatu persyaratan mutlak.

Perkembangan e-commerce tidak terlepas dari laju pertumbuhan internet, karena e-commerce berjalan melalui jaringan dan koneksi internet. Pertumbuhan pengguna internet yang sedemikian pesatnya membuat internet menjadi salah satu media yang efektif bagi perusahaan maupun perseorangan untuk memperkenalkan dan menjual barang atau jasa kepada konsumen dari seluruh dunia.


Shopee merupakan salah satu e-commerce yang memudahkan customer dalam hal berbelanja online, tentu sama halnya dengan e-commerce lainnya. Dibawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group), yang merupakan perusahaan internet di Asia Tenggara, Shopee menjadi salah satu e-commerce yang paling populer dan laku di kalangan netizen. Bahkan sepanjang tahun 2017, berdasarkan iPrice, Shopee dinilai memiliki pertumbuhan konsisten dan berhasil menyalip pesaingnya dalam kategori search interest. Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia.

Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja.

Kelebihan e-commerce Shopee:
ü  Shopee menyediakan fitur live chat yang dapat membuat interaksi antara penjual dan pembeli menjadi lebih mudah dan cepat.
ü  Menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu kredit. Tersedia juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau pembelian.
ü  Memiliki fitur “koin Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem cashback. Koin Shopee dapat ditukar dengan diskon saat pembelian barang berikutnya.
ü  Memberlakukan Sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan kembali seartus persen jika barang tidak sampai ke tangan pembeli.
ü  Bekerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T Express, GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.
ü  Dapat melacak barang yang sedang dipesan.

ü  Belanja di Shopee dapat gratis ongkos kirim dengan minimal belanja.

Kekurangan e-commerce Shopee:
  • Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
  • Tampilan deksripsi produk yang dinilai sedikit kurang menarik perhatian para calon pembeli.
Pengaruh Shopee bagi masyarakat:
·         Tersedianya lowongan pekerjaan di bidang IT yang akan sangat membantu untuk perkembangan dunia digital yang sangat pesat.
·         Mempermudah masyarakat dalam melakukan jual-beli.
·         Mempermudah calon pembeli mencari barang yang diinginkan tanpa harus bertatap muka dengan penjual.

Sumber Referensi:





Komentar

Posting Komentar