Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Perkembangan Hardware dan Software


SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI


      Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi menurut John F. Nash yaitu kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi penting, proses atau transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

      Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi menurut Martin yaitu tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

      Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Sejarah perkembangan sistem informasi bermula sekitar 5000 tahun yang lalu. Manusia telah memulai pertukaran informasi dengan cara menuliskan informasi tersebut pada batu, kayu, papyrus, dan tanah liat. Tanpa adanya pertukaran informasi yang digunakan oleh manusia kuno ini, tidak akan tercipta inovasi-inovasi teknologi canggih seperti komputer dan telepon seluler. Berikut akan dijelaskan tentang empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan komunikasi dan informasi.
1.      Periode Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan symbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan.  Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi symbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Kemudian bangsa Romawi Kuno juga menggunakannya, yang mana saat ini menjadi alphabet yang kita gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papyrus, sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno, yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abacus atau juga dikenal dengan nama sempoa.
Papirus
                                                                 

Abacus

2.      Periode Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi jadi lebih mudah karena mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam mengitung data.

3.      Periode Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik sebagai  energi yang menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchaster Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

4.      Periode Elektronik
Jean Hoerni  mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintergrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang kita gunakan saat ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan microchip pertama kalinya. Lalu mereka menjual rancangan tersebut pada intel untuk diproduksi secara missal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih banyak lagi.


PERKEMBANGAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER

Sejak awal dibuatnya komputer hingga kini mengalami banyak perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930, lahirlah suatu konsep dari komputer-komputer serba guna yang menjadi awal dari komputer modern saat ini. Ditambah lagi dengan perkembangan-perkembangan masyarakat yang semakin kompleks dan dengan kemajuan teknologi yang telah mendorong orang-orang berbakat untuk berpikir secara pesat. Pada tahun 1937, Alan Turin seorang ahli matematika bangsa Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer yang serba guna. Pelaksanaan gagasan tersebut dapat segera terwujud, karena pada Perang Dunia II pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perang, sehingga dari gagasan tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan fungsinya, dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaannya menjadi program yang mudah digunakan.

      Pengertian Hardware
Hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu dari komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa diraba dan dilihat secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses kompterisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

       Pengertian Software
     Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan suatu perintah. Melalui software inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.


      Sejarah dan Perkembangan Hardware
Kemajuan Teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu:
1.      Generasi Pertama (1946 – 1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Ciri – ciri komputer generasi pertama:
ü  Ukuran fisiknya besar
ü  Kecepatan proses lambat, kapasitas penyimpanan kecil
ü  Cepat panas
ü  Membutuhkan listrik yang besar
ü  Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube)
ü  Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage
ü  Masih menggunakan basaha mesin (Machine Language); ASSEMBLER
ü  Menggunakan konsep Stored Program
ü  Orientasi pada aplikasi bisnis.
Contoh komputer generasi pertama:
·         MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
·         UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
·         ENIAC, komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942.
·     SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
·         Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
·         NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).

2.      Generasi Kedua (1959 – 1965)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Ciri-ciri komputer generasi kedua:
ü  Sirkuitnya berupa transistor
ü  Ukuran fisiknya lebih kecil.
ü  Proses operasi sudah cepat.
ü  Tidak cepat panas.
ü  Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
ü  Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
ü  Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language); COBOL, FORTRAN
ü  Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
ü  Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Contoh komputer generasi kedua:
·         Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik
·         Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
·         Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
·         GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
·         UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
·         NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).

3.      Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
ü  Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
ü  Kecepatan prosesnya lebih cepat.
ü  Membutuhkan listrik lebih hemat.
ü  Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
ü  Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
ü  Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
ü  Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
ü  Banyak bermunculan application software
Contoh komputer generasi ketiga:
·         GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
·         Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
·         UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
·         1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
·         1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama.

4.      Generasi Keempat (1970 – 1990)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.
Ciri-ciri komputer generasi keempat:
ü  Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
ü  LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
ü  Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
ü  Dikembangkan komputer micro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer
Contoh komputer generasi keempat:
·         IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama, dibuat oleh IBM/International Business Machine.

·         Cray 1, Komputer super pertama
·         Apple II, Personal Computer pertama, dibuat oleh Apple.

·         Komputer IBM PC yang pertama
·         Pentium II
·         AMD K6 3D

5.      Komputer Generasi Kelima (Sejak 1990an)
Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia
Ciri-ciri komputer generasi kelima:
ü  Menggunakaan Very Large Scale Integration ( VLSI )
ü  Adanya microprocessor dan semi conductor  
ü  Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium.

6.      Komputer Generasi Keenam (Abad 21)
Generasi ini adalah generasi masa depan yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium.

     Sejarah dan Perkembangan Software
1.      Software Sebelum Komputer Generasi Pertama
Pada tahun 300 SM, bangsa Yunani menciptakan suatu sistem komunikasi yang disebut dengan Polybius telegraph. Sistem itu menggunakan obor untuk mengirim berita dari suatu tempat ke tempat lain. Tahun 1842 perangkat lunak pertama muncul yang ditulis oleh Ada Augusta. Software ini diterapkan pada Analytical Engine ciptaan Charles Babbage. Tahun 1933 Wallace J. Eckert menciptakan suatu program mekanik yang dipergunakan untuk mengontrol jalannya suatu mesin yang merupakan gabungan dari beberapa mesin akuntansi.

2.      Software Semasa Komputer Generasi Pertama
Software pada generasi ini diciptakan oleh para ahli matematika dan ahli teknik yang digunakan untuk menyelesaikan problem yang muncul pada bidangnya. Program yang dibuat bersifat khusus karena hanya untuk satu aplikasi tertentu sehinga jika ingin digunakan untuk aplikasi lain, maka program yang baru harus dibuat lagi.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka diciptakan suatu bahasa pemrogramman yang disebut bahasa tingkat tinggi. Dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan cara menulis program dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.

Perkembangan Software
Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
1.      Era Pemula (Pioneer)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.

2.      Era Stabil
Penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.  Baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Pada era ini mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).

3.      Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu, seperti software sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), software aplikasi (Ms. Office, OpenOffice, dll) dan language software/bahasa pemrograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll). Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

4.      Era Modern
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah dilengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat. Selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Sumber:
http://scdc.binus.ac.id/himsisfo/2016/07/pengertian-sistem-informasi/
http://seribusatubuku.blogspot.com/2013/12/sejarah-terbentuknya-buku_1780.html













Komentar