Critical Report


Critical Report

Saputra Dhanar Intan Surya, Sitaresmi Wahyu Handani, Gilang Aji Diniary, “Pemanfaatan Cloud Speech API untuk Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Teknologi Speech Recognition”.

1.      Field Establishment
Cloud Speech API merupakan layanan pengembangan Machine Learning Model dari penggabungan Google Translate API dan Cloud Vision API.Cloud Speech API dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan media pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan teknologi speech recognition.Pengenalan ucapan (speech recognition) akan merubah sinyal suara ke ilmu bahasa (linguistic) mesin dalam bentuk digital (biasanya berupa teks sederhana).

2.      Masalah
Media pembelajaran Bahasa Inggris yang kurang menarik bagi pelajar menyebabkan proses belajar menjadi kurang optimal.

3.      Solusi
Dari permasalahan yang ada, solusi yang didapat yaitu dengan membuat aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan teknologi speech recognition berbasis Android agar siswa lebih tertarik belajar Bahasa Inggris dan mengoptimalkan proses belajar.

4.      Evaluasi
Bahasa yang digunakan dalam aplikasi ini masih terbatas karena hanya menggunakan satu kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu, pilihan yang ada dalam halaman menu belajar Bahasa Inggris kurang bervariasi karena hanya memiliki 4 pilihan menu, yaitu animals, body, objects, dan fruits.


5.      Kontribusi
Menarik minat pelajar dan membantu para pelajar dalam belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan teknologi speech recognition, sehingga kegiatan belajar menjadi lebih optimal.

6.      Critical Review
·         Good
Respon aplikasi terhadap ucapan pengguna menggunakan lafal Bahasa Inggris cukup akurat. Pengguna dapat mengetahui kebenaran lafal Bahasa Inggris yang diucapkan dengan skor kemiripan pengucapan.

·         Bad
Aplikasi yang dikembangkan masih terbatas menggunakan satu kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu, aplikasi ini hanya memiliki4 pilihan pada halaman menu.

Komentar