Review Siri


Review Siri


Siri adalah asisten pribadi virtual pintar yang merupakan bagian dari Apple Inc. dengan sistem operasi iOS, iPadOS, watchOS, dan tvOS. Siri dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan segala sesuatu cukup dengan meminta. Siri menggunakan suara dan bahasa natural antarmuka dari pengguna untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan ke layanan internet.

A.    Fungsi
Siri dapat berfungsi sebagai asisten pribadi yang dapat diberi perintah melalui suara sehingga memudahkan pengguna dalam pemakaian perangkat elektronik. Perintah-perintah tersebut seperti perintah untuk mengirim pesan, menjadwalkan pertemuan, menelepon, memandu navigasi, mencari makna dari suatu kata, mencari foto, mencari catatan atau email, memutar musik maupun video, membuka aplikasi, dan lain-lain.

B.     Manfaat
Siri diprogram untuk memudahkan pengguna melakukan sesuatu dengan lebih cepat melalui perintah suara. Dalam kehidupan kehidupan sehari-hari, Siri sangat mudah digunakan dan akan membantu penggunanya dalam beraktifitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan, seperti penggunaan Siri untuk membuka aplikasi, menelepon, mencari sesuatu di internet, dan lain-lain. Siri tetap dapat membantu pengguna yang tidak fasih berbahasa Inggris, karena Siri juga mengerti dan dapat berbicara dalam beberapa bahasa seperti bahasa Spanyol, Jerman, Jepang, dan sebagainya.

C.     Cara Kerja
1.    Pada saat pengguna membuka Siri dan mulai mengucapkan sesuatu, Siri akan menerima suara pengguna sebagai input yang kemudian suara tersebut akan dikonversikan menjadi bentuk teks digital.
2.   Ucapan pengguna tadi akan dievaluasi oleh perangkat pengguna secara lokal. Pengenal yang telah terpasang pada perangkat elektronik (gadget) akan berkomunikasi dengan server cloud untuk mengukur/mengecek apakah perintah/ucapan tersebut dapat ditangani.
3.   Jika ucapan dapat ditangani oleh data pengenal yang telah terpasang pada perangkat elektronik (gadget), maka Siri akan menjalankan keputusan tanpa harus mencarinya melalui server cloud. Apabila ucapan tidak dapat ditangani oleh data pengenal yang telah terpasang pada perangkat elektronik (gadget), maka Siri akan melakukan pencarian pada server cloud agar dapat mengenali apa yang di maksud oleh pengguna.
4.  Setelah Siri mendapatkan jawaban dari penggunanya, Siri akan melakukan hal yang diminta oleh pengguna. Sebagai contoh pengguna ingin memutar musik, maka Siri akan membuka aplikasi musik dan memutarkannya sesuai dengan judul yang telah diucapkan oleh pengguna.


D.    Kelemahan
Meskipun dianggap canggih, Siri mempunyai beberapa kelemahan, yaitu
1.     Siri hanya bisa diaktifkan jika perangkat terhubung dengan jaringan internet.
2.  Terkadang Siri memiliki kendala saat menangkap ucapan pengguna, sehingga pengguna perlu berbicara dengan jelas dan tidak terlalu cepat agar Siri mengerti dan benar-benar melakukan apa yang pengguna inginkan.
3.    Siri seringkali mengalami kesulitan dalam memahami beberapa kata dalam bahasa Inggris, terlebih lagi jika pengguna menggunakan aksen.
4.    Untuk menggunakan Siri, pengguna harus berada di tempat yang tidak bising agar ucapan pengguna dapat ditangkap dengan baik.
5.   Siri tidak bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa lain, atau bahasa lain ke bahasa Inggris.

E.     Algoritma (Flowchart/Pseudocode)


 

Penjelasan:
Untuk mengaktifkan Siri, langkah awal yang harus dilakukan pengguna adalah memasukkan (input) suara, setelah itu program akan membaca suara pengguna dan mengubah suara pengguna menjadi teks. Selanjutnya, program akan menjalankan perintah suara yang telah diubah ke dalam teks dan memberikan hasil (output) yang sesuai dengan perintah yang dimasukkan pengguna.

Komentar